Pages

01 November 2011

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan ikan hias yang hidup di air tawar. Perawatan pemeliharaan ikan mas koki ternyata tidak gampang, anda harus telaten dalam pemeliharaanya dan lingkungan air yang perlu anda kontrol. Ikan mas koki kebanyakan dipelihara oleh masyarakat di aquarium karena lebih praktis dan simpel dalam penataan pemeliharaan.

Untuk menghasilkan ikan mas koki berkualitas baik harus dipelihara dalam lingkungan yang baik dan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup. Bila nutrisi yang dikomsumsi ikan mas koki baik, maka akan mendukung ikan mas koki baik itu warna, kesehatan dan kualitas anakan yang baik pula. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk perawatan ikan mas koki. Blogiztic.net akan mengupasnya dari awal sampai akhir cara merawat ikan mas koki yang benar sebagai berikut.
Endapkan air terlebih dahulu
Pertama kali akan memelihara ikan mas koki, sebaiknya air yang telah dimasukkan dalam aquarium diendapkan terlebih dahulu.
Taruh ikan (dalam kantong) terlebih dahulu ke aquarium
Ketika akan memasukkan ikan mas koki ke dalam aquarium, jika ikan mas koki tersebut berada dalam kantong plastik sebaiknya taruh kantong plastik yang berisi ikan mas koki tadi ke dalam permukaan air aquarium, untuk menyesuaikan suhu dalam aquarium dan suhu ikan koki,agar ikan koki tidak stress dan mati.
Siapkan aerotop peniup udara di aquarium, filter, dan selang penyedot kotoran
Jika akan memelihara dalam aquarium yang besar, maka diperlukan aerotop peniup udara di aquarium, filter, dan selang penyedot kotoran.. Ketiga alat ini penting untuk mencegah kotoran dan sirkulasi udara air dalam aquarium.
Lokasi aquarium tidak kena sinar matahari
Lokasi aquarium dipastikan harus tidak terkena sinar matahari langsung agar lumut dan alga tidak cepat berkemang biak.
Beri makan secukupnya
Berikan ikan mas koki karena ikan mas koki ini merupakan ikan yang rakus, slalu memakan makanan yang ada,, dan jika kekenyangan maka ikan koki akan cepat mati.Dan menurut penelitian ahli, tubuh yang ramping bagi ikan mas koki akan memperpanjang umurnya. Pakan ikan ini yang alami dan bagus untuk ikan mas koki cacing sutera karena mengandung protein yang tinggi.. Tetapi untuk lebih praktisnya, pakan ikan mas koki adalah bentuk pellet yang banyak dijual di toko-toko.
Hindari beri pakan malam hari atau jelang malam
Jangan memberi pakan pada malam hari atau menjelang malam..Karena ikan mas koki merupakan ikan yang cepat proses pencernaannya,,setelah dia makan maka akan dikeluarkan dalam bentuk feses (mengandung amoniak).. Bakteri pengurai, aktif pada malam hari dan akan menguraikan feses ikan mas koki yang akan menyebabkan kandungan amoniak dalam air aquarium tinggi dan tidak baik bagi ikan mas koki.
Beri garam grosok
Air aquarium yang baru diisi (setelah dikuras) sebaiknya diberi garam grosok (garam laut) yang mempunyai manfaat mencegah pertumbuhan jamur.

0 komentar:

Poskan Komentar