Pages

01 November 2011

Cara Merawat Ikan Bawal

Ikan bawal saat ini banyak digemri masyarakat untuk di komsumsi karena memang lezat ikannya bila makan. Budidaya ikan bawal tidak rumit, karena ikan bawal yang memang punya keistimewaan pertumbuhannya cepat, nafsu makan yang tinggi dan ketahanan tubuh di lingkungan sekitar.

Budidaya ikan bawal dibutuhkan kolam yang memadai, bibit yang unggul dan penebaran benih. Banyak yang bisa anda lakukan untuk budidaya ikan bawal. Setelah saya lihat-lihat situs internat banyak juga cara budidaya ikan bawal dan info mengenai ikan bawal. Di artikel ini akan saya kupas tentang cara budidaya ikan bawal yang benar sebagai berikut.
Persiapan kolam
Kolam untuk pemeliharaan ikan bawal dipersiapkan seperti halnya ikan air tawar lainnya. Tinggi kolam peternakan ikan bawal air harus 2-3cm. Persiapan kolam ini dimaksudkan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup.
Pemilihan Benih
Adapun ciri-ciri benih ikan bawal yang baik antara lain Sehat, Anggota tubuh lengkap, Aktif bergerak, Ukuran seragam, tidak cacat, Tidak membawa penyakit, jenis unggul.

Penebaran benih

ikan bawal yang masih terbungkus dalam plastik yang masih tertutup rapat dimasukan kedalam kolam, biarkan sampai dinding plastik mengembun. Ini tandanya air kolam dan air dalam plastik sudah sama suhunya, setelah itu dibuka plastiknya dan air dalam kolam masukkan sedikit demi sedikit kedalam plastik tempat benih sampai benih terlihat dalam kondisi baik. Selanjutnya benih ditebar atau dilepaskan dalam kolam secara perlahan-lahan.
Pemberian pakan
Kualitas pakan ikan bawal yang baik adalah pakan yanq mempunyai gizi yang seimbang baik protein, karbohidrat maupun lemak serta vitamin dan mineral.

0 komentar:

Poskan Komentar