Pages

01 November 2011

Cara Budidaya Bebek

Tahukah anda dengan binatang bebek. Bebek merupakan binatang ternak yang lebih kecil ukurannya dibanding dengan ayam atau angsa. Karena habitat kandang yang basah sebagian besar masyarakat di perkotaan enggan untuk memeliharanya.

Akan tetapi di pedesaan, masyarakat masih mempertahankan kelangsungan habitat bebek. Budidaya bebek ternyata sangat menguntungkan, karena makanan bebek yang relatif murah dan pemeliharaan yang tidak rumit. Cara beternak bebek ada beberapa point yang perlu anda ketahui. Sumber-sumber cara beternak bebek dari berbagai situs akan saya satukan di artikel ini. Blogiztic.net mengupas cara merawat bebek yang benar sebagai berikut.
Pemilihan bibit
- membeli telur tetas dari induk itik yang dijamin keunggulannya.
- memelihara induk itik yaitu pejantan + betina itik unggul untuk mendapatkan telur tetas kemudian meletakannya pada mentok, ayam atau mesin tetas.
- embeli DOD (Day Old Duck) dari pembibitan yang sudah dikenal mutunya maupun yang telah mendapat rekomendasi dari dinas peternakan setempat.Ciri DOD yang baik adalah tidak cacat (tidak sakit) dengan warna bulu kuning mengkilap.

Penyiapan Sarana dan Peralatan

- Persyaratan temperatur kandang ± 39 derajat C.
- Kelembaban kandang berkisar antara 60-65%.
- Penerangan kandang diberikan untuk memudahkan pengaturan kandang agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian kandang.
- Kondisi kandang dan perlengkapannya
Kondisi kandang tidak harus dari bahan yang mahal tetapi cukup sederhana asal tahan lama (kuat).
Pemeliharaan
- Sanitasi dan Tindakan Preventif
Sanitasi kandang mutlak diperlukan dalam pemeliharaan itik dan tindakan preventif (pencegahan penyakit) perlu diperhatikan sejak dini untuk mewaspadai timbulnya penyakit.
- Pengontrol Penyakit
Dilakukan setiap saat dan secara hati-hati serta menyeluruh. Cacat dan tangani secara serius bila ada tanda-tanda kurang sehat pada itik.
- Pemberian Pakan
Pemberian pakan itik tersebut dalam tiga fase, yaitu fase stater (umur 0–8 minggu), fase grower (umur 8–18 minggu) dan fase layar (umur 18–27 minggu). Pakan ketiga fase tersebut berupa pakan jadi dari pabrik (secara praktisnya) dengan kode masing-masing fase.
- Pemeliharaan Kandang
Kandang hendaknya selalu dijaga kebersihannya dan daya gunanya agar produksi tidak terpengaruh dari kondisi kandang yang ada.

0 komentar:

Poskan Komentar