Pages

03 April 2011

Cara Membuat Skin UltraMp3

Add caption
UltraMP3 merupakan aplikasi pemutar MP3 yang sudah tak asing lagi bagi pengguna symbian. Seperti yang kita ketahui, symbian merupakan OS yang mayoritas digunakan oleh Nokia, seperti nokia 6600, 3230, 7610, N70, N-gage, dan sebagainya.Bagi yang belum punya ultraMp3nya bisa download disini Saya pun lebih senang menggunakan aplikasi ini sebagai pemutar mp3 daripada mp3 player lainnya. Alasan saya diantaranya; aplikasi ini bisa menyesuaikan suara mp3 agar terdengar lebih jernih, dengan taruhan suara mp3nya menjadi lebih kecil.
Aplikasi ini juga memudahkan saya untuk me-forward lagu yang sedang on dengan menekan tombol 3, atau me-rewind nya cukup dengan menekan tombol 1.
Untuk menuju ke lagu berikutnya juga kita bisa melakukannya secara cepat dengan menekan tombol #. Jadi, walaupun dalam keadaan mengendarai sepeda motor, dengan menggunakan earphone, cukup dengan meraba saku, kita bisa mengontrol laguyang ingin dan sedang kita putar, tanpa harus melihat HP kita. Inilah salah satu alasan saya menggemari aplikasi ini.
Skin aplikasi ini juga bisa kita gonta-ganti. Banyak situs penyedia skin ultra mp3 yang bertaburan di jagad internet. Anda bisa panggil mbah gugel untuk mencarinya. Atau Anda ingin berkreasi sendiri membuat skin ultra mp3? Untuk itulah saya membuat postingan ini.

Untuk membuat skin ultra mp3, kita menggunakan aplikasi UltraMP3 Easy Skinner. Silakan download aplikasinya dengan ngeklik link download di bawah ini:

Karena berbentuk zip, maka ekstrak dulu file tersebut, baru kemudian diinstall. Atau kalo gak mau di ekstrak juga bisa. Eksekusi aja file zip tersebut dan kemudian klik Setup. Selanjutnya ya tinggal klik next-next finish aja.
Oke, saya ingin memberikan tutorial aplikasi ini di sini. Namun sebelumnya saya kasitau bahwa yang menjadi hp percobaan tutorial ini adalah Nokia N70.
Ini adalah tampilan utama aplikasi ultra mp3 easy skinner.

Pertama. Sediakanlah gambar berukuran 176 pixel x 208 pixel (untuk layar nokia N70), atau silakan sesuaikan dengan ukuran layar hp Anda).

contoh tutorial easy skinner

Ini adalah gambar yang saya gunakan untuk percobaan tutorial ini. Silakan download gambar ini jika memang Anda mau menggunakannya sebagai gambar percobaan. Atau, ekspresikan kreatifitas Anda untuk membuat gambaryang indah. Bisa gunakan Gimp, Photoshop, dll. Minimal Anda mempunya Microsoft Office Picture Manager (MOPM). Cara merubah ukurannya melalui MOPM dengan meng-klik Menu Picture–>Resize (Alt+P+S). Ingat! Ukuran gambar harus sesuai dengan ukuran layar hp Anda, misalnya width: 176 pixel dan height: 208 pixel. Setahu saya, banyak hpyang layarnya berukuran 176×208. Diantaranya Nokia 3230, 6600, N-Gage (Classic & QD), N70, 7610, dll.

Kedua. Buka aplikasi UltraMP3 Easy Skinner. Saya menemukan shortcutnya di desktop komputerku dengan nama Skinner. Entah mengapa aplikasi ini tak muncul di start menu. Mungkin komputerku yang sedang bermasalah. Kalo memang komputer Anda tidak bermasalah, maka dia akan ada di start-all programs-lonely cat games-ultramp3 easy skinner.
Setelah aplikasi itu terbuka, klik load background picture. Silakan cari dan klik gambar yang sudah Anda persiapkan itu. Udah nemu? Langsung di klik aja, trus klik open. Dalam percobaan saya, saya nyimpannya di desktop, trus outputnya jadi seperti gambar di bawah ini:
Ketiga. Di aplikasi ini ada beberapa tab menu, diantaranya background, sprites, description, edit, dan share. Tab menu background yang baru saja kita gunakan itu berguna untuk me-load gambar yang akan kita jadikan skin ultra mp3 kita. Sprites berfungsi untuk memilih warna dan model volume bar dan digit angka. Namun tutorial ini tidak saya praktekkan penggunaan sprite. Karena saya gak ngerti secara full tentang sprite ini. Tapiyang jelas, dengan me-load sprite default (yang disediakan aplikasi) berarti memilih warna dan bentuk tertentu untuk volume bar dan angka. Description dapat kita gunakan untuk menjelaskan identitas skin yang kita buat. Edit merupakan salah satu bagian terpenting aplikasi ini. Disinilah kita meng-edit skin ultra mp3 kita. Di tab edit kita bisa meng-edit posisi dan warna untuk judul lagu, keterangan lagu, durasi lagu, dll. Atur posisi X dan Y nya, pilih warnanya. Silakan jelajahi sendiri. Ini benar-benar bukanlah hal yang sulit untuk dicoba. Share, untuk membagi skin buatan kita. Note: sprite dan description tabs can be ignored…

Keempat. Jika anda sudah yakin dengan editan Anda, silakan klik File –> Save As.
Silakan
simpan dengan nama dan direktori yang Anda inginkan.
Selesai.
Silakan transfer ke rekening saya…eh…maksudnya, silakan transfer file tersebut ke hp Anda. Terserah mau melalui apa. Bisa bluetooth, infra red, card reader, atau via kabel. Setelah tiba di hp, simpan ke direktoriultra mp3, biasanya ada di E:/System/Apps/UltraMP3/Skins. Atau ada di C:/System/Apps/UltraMP3/Skins.
Btw, jika sejak awal Anda tidak mempersiapkan gambar sebagai background dengan ukuran yang sesuai, maka akan mucul editor foto default dari aplikasi ini. Maafkan saya bila saya tidak membuat tutorial tentang yang begituan, karena menurut saya memang lebih baik kita persiapkan gambar itu dengan ukuran yang sesuai dengan layar hp kita, daripada harus mengkonversinya dengan aplikasi dari easy skinner.

0 komentar:

Poskan Komentar