Pages

10 Maret 2010

Jika si Dia Pencemburu

Memiliki pasangan pencemburu terkadang memang melelahkan. Tak usah khawatir, ada cara untuk mengatasi rasa cemburu pasangan, kok. Simak tips berikut:
1. Pikirkan masalah dengan cara berbeda. Ingatlah, cemburu itu pertanda cinta. Jika pasangan tidak menilai hubungan yang tengah dijalin, tentu Anda tidak akan mengalami masalah. Jadi, daripada selalu bersikap bertahan, lebih baik mencoba memberi pengertian dan selalu mendukung.
2. Periksa perilaku Anda. Jika Anda sadar sikap Anda yang memicu kecemburuan pasangan, segera ubah sebisa mungkin sampai masalah teratasi. Pastikan Anda berdua memegang teguh persetujuan yang sudah Anda berdua sepakati. Hindari membuat janji yang tidak dapat Anda jaga, misalnya janji untuk selalu dapat dihubungi.
3. Bangun rasa percaya diri pasangan. Selalu cari kesempatan untuk mengatakan betapa besar rasa cinta Anda dan alasan Anda tidak ingin bersama orang lain selain dirinya. Bicarakan impian Anda bersama dirinya dalam kehidupan berdua di masa depan.
JIKA ANDA YANG CEMBURU
Mengatasi cemburu butuh kesabaran dan kerja keras. Jika Anda merasa rasa cemburu telah melawan sifat dasar Anda, bicarakan masalah dengan seorang ahli atau konselor.
1. Beri kesempatan diri Anda untuk melihat kenyataan. Lihatlah, apa yang memicu rasa cemburu Anda. Dan tanyakan pada diri sendiri, apakah cara Anda mengatasinya sudah tepat. Pikirkan juga apakah hubungan Anda dengan pasangan memang dalam bahaya? Atau apakah perilaku dan sifat Anda memang tidak membuat permasalahan memburuk?
2. Bicaralah pada diri sendiri tentang hal-hal positif. Ketika Anda mulai merasa sedih karena cemburu, ingatkan diri bahwa pasangan mencintai Anda. Ia juga punya komitmen dan menghormati Anda. Katakan pada diri bahwa Anda adalah seorang yang penuh kasih.
3. Salah satu cara terbaik untuk melawan rasa cemburu adalah dengan menanyakan ke pasangan tentang jaminan. Pastikan Anda tidak dibohongi atau dikhianati. Sebaiknya, ungkapkan pula rasa tidak aman Anda dan mintalah pertolongan pada pasangan untuk mengatasi masalah itu.

0 komentar:

Poskan Komentar